Connect with us

Berita

FOKUSGAMPI Gelar Silaturahmi dengan Disbudpar Aceh

Published

on

Laporan : Humas Fokusgampi Aceh

GampongAceh.com | Banda Aceh – Forum Komunikasi Generasi Muda Pidie (FOKUSGAMPI Banda Aceh) melakukan kunjungan kerja dengan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Aceh dalam rangka Silaturahmi dan Audiensi, Kunjungan ini mempunyai tujuan selain bersilaturahmi juga berdiskusi atas dampak pandemi covid-19 yang terjadi saat ini terhadap pariwisata di Aceh, dalam hal ini Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Aceh optimis untuk memperbaiki kembali hal ini seiring pada fase tatanan baru kedepannya (New Normal).

Kegiatan ini di sambut langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Aceh H.Jamaluddin.SE.MSi.Ak, beliau juga mengajak anak muda dalam hal ini Fokusgampi Banda Aceh berkolaborasi dengan pemerintah Aceh untuk mempromosikan wisata dan memberi pemahaman Yang baik kepada masyarakat Aceh manfaat dari banyaknya tempat wisata di karenakan untuk mendorong perekonomian Aceh tersebut, anak muda harus kreatif dan inovatif dalam kemajuan Aceh.

Hadir pada kegiatan ini Penasehat Khusus (PenSus) Pemerintah Aceh Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Rahmat Hasbi, mengajak Fokusgampi harus menjadi generasi Yang survive terhadap perkembangan zaman dan harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi pariwisata Aceh dan Pidie khususnya, beliau juga memotivasi anak muda untuk selalu semangat dan saling membesarkan sesama sebagaimana di kutip dari ‘teori elevator’

Ketua Umum Fokusgampi Banda Aceh M.Deni Fitriadi.SH beserta seluruh Pengurus menyampaikan siap mendukung peningkatan Kebudayaan dan Pariwisata Aceh pada umumnya dan Kabupaten Pidie khususnya, jelasnya.

ia juga menyampaikan Pidie mempunyai segudang tempat wisata yang indah dan ini harus di kelola dangan baik oleh pemerintah dan masyarakat itu sendiri, sehingga mampu memberikan dampak secara ekonomi dalam kesempatan ini juga kami Fokusgampi Banda Aceh memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Aceh H.Jamaluddin.SE.MSi.Ak yang mampu menjaga kestabilan perekonomian dalam hal Pariwisata di Aceh selama masa Pendemi Covid-19. (Rls/Alja)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Camat Muara Dua Terima Mahasiswa KKN Unimal Dan Harapkan Dapat Menggali Potensi Gampong

Published

on

By

Gampongaceh.com-Lhokseumawe. Camat Muara Dua Kota Lhokseumawe Heri Maulana, S.IP, M.S.M menerima mahasiswa/mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh. Penerimaan Mahasiswa KKN di Aula Kecamatan Muara Dua Rabu (21/10/2020).

“Alhamdulillah hari ini kami menerima sejumlah Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang akan mengabdi di wilayah Kecamatan Muara Dua,” ungkap Camat Muara Dua Heri Maulana, S.IP, M.S.M saat penerimaan mahasiswa KKN.

Pada kesempatan tersebut secara ringkas Heri menyampaikan bahwa Kecamatan Muara Dua memiliki banyak potensi di berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, perkebunan, pariwisata serta seni dan budaya.

Camat berharap dengan adanya KKN mampu berdampak positif baik bagi para peserta, lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat khususnya masyarakat di lokasi kegiatan. Heri Maulana juga mengatakan kepada kepada para mahasiswa untuk dapat beradaptasi dan dapat berbaur dengan masyarakat. Hal ini mengingat dirasa amat penting agar semua program yang telah direncanakan oleh mahasiswa KKN dapat terealisasi.

Selain itu Camat berpesan peserta KKN dapat mengaktifkan kembali kegiatan keagamaan khususnya di kalangan remaja.

“Semoga peserta KKN dapat memanfaatkan kegiatan ini secara optimal sebagai sebuah proses pembelajaran, untuk memahami berbagai masalah di masyarakat, dapat menggali potensi yang ada di gampong-gampong sehingga kedepan dapat membantu membuat program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Dana Desa yang dinilai cukup banyak” ungkap Heri Maulana, S.IP, M.S.M yang merupakan salah satu Camat termuda di Aceh.

Continue Reading

Berita

Program KOTAKU: Melawan Covid-19 Dengan Padat Karya Tunai

Published

on

By

Gampongaceh.com-Banda Aceh. PROGRAM Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR di Aceh pada tahun 2020 meliputi 438 gampong yang tersebar di 15 kabupaten/kota. Dari jumlah itu, 26 gampong di antaranya memperoleh dana bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) masing-masing Rp 1 miliar yang disalurkan melalui Badan Keswadayaan Masyarakkat (BKM) yang ada di setiap Gampong.

Dana BPM tersebut merupakan dana stimulus yang akan dimanfaatkan untuk membangun berbagai prasarana permukiman dalam rangka penanganan dan pencegahan kawasan kumuh.

Saat ini, beragam kegiatan pengananan dan pencegahan kumuh sedang dilakukan masyarakat yang dikoordinir oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan didukung oleh pemerintahan gampong.

Program itu antara lain pembangunan jalan lingkungan, drainase lingkungan, akses air minum, persampahan, sanitasi, dan bahkan termasuk membangun rumah agar layak huni dan sarana pemadam kebakaran. Kegiatan itu tak hanya dibiayai dengan dana BPM KOTAKU, tapi juga kolaborasi dari berbagai pihak terkait lainnya.

Dalam Masa pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat tetap melaksanakan pembangunan dalam pola padat karya dengan tetap melengkapi alat pelindung diri sesuai dengan standar minimal protokol Kesehatan dengan mengunakan Masker dan pengukuran suhu tubuh setiap Pagi dan sore hari, Pekerja terlihat cukup bersemangat dan antusias untuk ikut terlibat dalam kegiatan program KOTAKU. Bagi warga masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi, Program KOTAKU menerapkan pola Padat Karya Tunai dalam melaksanakan kegiatan infrastruktur pemanfaatan dana BPM.

Bidang-bidang pekerjaan yang dapat menampung tenaga kerja yang banyak, diupayakan sedapat mungkin untuk tidak menggunakan peralatan mesin atau alat berat, sehingga warga yang mengalami kehilangan mata pencaharian akibat terdampak wabah Corona mendapat kesempatan bekerja dan memperoleh penghasilan.

Menurut data dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) Program KOTAKU, selama ini proses pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik Skala Lingkungan maupun Skala Kawasan sudah dapat menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 884 orang dan sudah menyerap biaya tenaga kerja sebesar Rp 6,6 miliar.

Sumber: serambinews.com

Continue Reading

Berita

Pejuang DOB Aceh Raya Meninggal Dunia, Senator Fachrul Razi Ucapkan Bela Sungkawa

Published

on

By

Gampongaceh.com-Jakarta. Innalillahi Wa Innailaihi Raji’un, telah berpulang ke rahmatullah Pejuang DOB (Daerah Otonomi Baru) Aceh, Aceh Raya Hj.Rukaiyah Binti Ibrahim Nain, Rabu (14/10).

Di ketahui Hj.Rukaiyah yang kerap menyuarakan DOB untuk kepentingan umat semata di wilayah Aceh, Aceh Raya. Meskipun di usia renta beliau sangat semangat dan Menepis semua hal yang menghalanginya untuk perjuangan DOB Aceh dan DOB Aceh Raya.

Kini usia Hj.Rukaiyah genap 70 tahun di panggil Allah untuk menghadapNya, Selaku Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Mewakili suara masyarakat Aceh, Senator H.Fachrul Razi MIP turut berduka cita atas berpulangnya Hj.Rukaiyah Kehadirat Allah SWT. Semoga semua amalan Bunda diterima disisi Allah SWT dan Ampunan Allah selalu menyertainya di alam sana, Ujarnya.

Kita juga mendoakan agar senantiasa Allah lipat gandakan pahalanya semasa hidup yang sudah beliau perbuat untuk umat ini, terima kasih Bunda atas jasamu tetap kami kenang sampai perjuangan ini membuahkan hasil yang dinantikan umat sat ini, Tutur Fachrul.

Seperti di ketahui Hj.Rukaiyah meninggal dunia pada hari ini rabu 14 Oktober 2020 pukul 15.30 WIB di rumah kediamannya jalan Yahmu Leman no. 9 Blang Oi Banda Aceh.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 gampongaceh.com