Connect with us

Berita

Luncurkan Aplikasi e-DMC19 dan e-HDW, Mendes Abdul Halim: Upaya Cegah Covid-19 Dan Penurunan Stunting Bisa Maksimal

Published

on

Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meluncurkan dua aplikasi yang bisa di operasikan melalui smarth phone seluler yang bermanfaat untuk membantu dalam hal pencegahan dan penanganan Covid-19 dan kesehatan masyarakat.

Kedua aplikasi yang diluncurkan pada 13 Mei 2020 tersebut yakni aplikasi Desa Melawan COVID-19 (e-DMC19) dan e-Human Development Worker (e-HDW).

Kedua aplikasi berbasis android itu diluncurkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar di Kantor Kemendes PDTT yang dilakukan secara virtual yang didampingi Sekjen kemendes PDTT Anwar Sanusi dan dihadiri oleh sejumlah kepala desa, aparatur desa, pendamping desa dan para pegiat desa lainnya.

Menteri Desa Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri ini menjelaskan bahwa terkait Aplikasi e-DMC19 dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan protokol penanganan wabah Covid-19 yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai.

Dikatakan Abdul Halim, Aplikasi ini akan membantu Relawan Desa Lawan Covid-19 (RDLC-19) dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitasnya dalam memberikan edukasi dan informasi tentang Covid-19 ke masyarakat, serta pengumpulan data secara real-time terkait penyebaran Covid-19 dan dampaknya bagi masyarakat dan bisa memudahkan proses pelaporan atas kondisi desa terkait Covid-19.

“Aplikasi Desa Melawan COVID-19 bisa mengakses berbagai materi pencegahan Covid-19 dan membagikannya kepada masyarakat. Relawan Desa Lawan Covid-19 akan mengirimkan laporan mingguan dan bulanan melalui aplikasi e-DMC19 ini. Data-data tersebut selanjutnya dapat diakses oleh pemerintah desa, pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk pengambilan kebijakan terkait pecegahan dan penanganan Covid-19 di daerah,” ungkap Gus Menteri.

Selain Aplikasi e-DMC19, aplikasi lainnya yakni e-HDW. Aplikasi ini untuk memastikan layanan intervensi gizi masyarakat pada masa wabah Covid-19 ini.

“Dalam kondisi wabah Covid-19, layanan kepada Keluarga 1.000 HPK penting untuk tetap dilakukan untuk percepatan penanganan stunting. Aplikasi ini akan membantu para Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam memantau dan mendukung peningkatan konvergensi Intervensi Gizi Kepada Keluarga 1.000 HPK (Hari Pertama Kelahiran),” terang Abdul Halim.

Sumber: Kabar Aceh

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Cegah Penyebaran Covid-19 Di Tempat Keramaian, Brimob Bersama TNI Dan Satpol-PP Gelar Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Published

on

By

Gampongaceh.com-Aceh Jaya. Personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh bersama TNI Kodim 0114/Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya dan Satpol-PP Aceh Jaya melaksanakan Operasi Yustisi penegakan disiplin Protokol kesehatan dengan sasaran di Simpang 4 (empat) Cleopatra Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya.

Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh Kompol Dodik Yuliyanto SIK., melalui Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Iptu Hamdani S.E., mengatakan, Kegiatan ini merupakan wujud nyata Bhakti Brimob untuk Masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan demi keselamatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, saat ini kita melakukan upaya pencegahan melalui kegiatan Operasi Yustisi yang dilaksanakan oleh Satpol PP Aceh Jaya di dampingi oleh Brimob, Kodim 0114/Aceh Jaya dan Polres Aceh Jaya dalam mematuhi protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker apabila beraktifitas di luar rumah di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan kegiatan Operasi Yustisi ini kita berharap masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19, dalam kesempatan ini kita juga mengajak masyarakat untuk kita dukung kebijakan-kebijakan Pemerintah dalam upaya pencegahan dan menekan angka penyebaran Covid-19 “Tutup Iptu Hamdani, S.E.

Masih ditemukan beberapa pelanggar protokol kesehatan yang diberikan sanksi teguran berupa membaca surat-surat pendek Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca teks Pancasila. Semoga kedepannya masyarakat Aceh Jaya sadar akan pentingnya penegakan protokol kesehatan.

Kami berharap masyarakat mematuhi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyebaran Covid-19.” demikian tutup Iptu Hamdani, S.E

Continue Reading

Berita

Camat Serta Forkopimcam Muara Dua Buka Kantor Keuchik Paya Bili Yang Disegel Warga

Published

on

By

Gampongaceh.com-Lhokseumawe. Setelah beberapa upaya mediasi yang di lakukan oleh pemerintah kecamatan Muara Dua bersama forkopimcam Muara Dua, akhirnya kantor Geuchik Gampong Paya Bili, kecamatan Muara Dua kembali seperti biasa.

Pembukaan segel dilakukan langsung oleh camat Muara Dua bersama Muspika Muara Dua serta di bantu tim Polres Lhokseumawe pada Selasa (23/2/2021) sekira pukul 16.00 WIB.

Kantor Geuchik Gampong Paya Bili disegel oleh warga setempat karena dinilai kurangnya kepuasan kinerja terhadap kepemimpinan Geuchik Muhammad Suheri yang diduga melakukan pelanggaran di dalam Pemerintahan Gampong maupun pengelolaan Dana Desa.

“Pada hari ini kami forkopimcam Muara Dua membuka segel kantor Geuchik Paya Bili agar seluruh masyarakat dapat kembali memanfaatkan dan menjalankan roda Pemerintahan di Gampong Paya Bili” ujar Camat Muara Dua.

Camat Muara Dua kota Lhokseumawe juga sudah mendengar serta menindaklanjuti terkait dugaan pelanggaran di dalam Pemerintahan Gampong Paya Bili serta pengelolaan Dana Desa tersebut.

“Insyallah dalam waktu dekat akan di lakukan audit oleh inspektorat terkait beberapa laporan yang dimaksud sehingga isu-isu yang beredar dapat terselesaikan” Sambung Heri Maulana.

Tak hanya itu, Camat Muara Dua juga meminta agar masyarakat Paya Bili tetap tenang dan menjunjung tinggi koridor hukum yang sudah diatur.

Continue Reading

Berita

Kompi 2 Batalyon A Pelopor Salurkan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat

Published

on

By

Gampongaceh.com-Aceh Besar. Rabu (17 Februari 2021) Personil Kompi 2 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh kembali membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu di Desa Panca Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar
Kegiatan pembagian sembako ini merupakan untuk meringankan beban masyarakat ditengah wabah virus Corona (Covid-19).
Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh KOMPOL DODIK YULIYANTO S.I.K., melalui Komandan Kompi 2 Batalyon A Pelopor IPTU MUZAKIR mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk Bhakti Brimob Aceh untuk masyarakat.
-(foto)-

Tujuan kegiatan ini untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu ditengah Pandemi Covid 19 ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya.
Dalam kesempatan tersebut kita juga menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah melalui 3 M., Memakai Masker, Menjaga Jarak (social distancing), dan Mencuci Tangan, serta menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari Virus Corona (covid-19).
Dengan kegiatan ini harapan kita semoga penyebaran Covid 19 segera berakhir, Brimob untuk Indonesia tutup IPTU MUZAKIR.(Misran)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 gampongaceh.com