Connect with us

Berita

Mahasiswa KKN Covid-19 Unimal Berikan Edukasi Tentang Standar Cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sesuai Prokes Di Gampong Panggoi.

Published

on

Gampongaceh.com-Lhokseumawe. Mahasiswa KKN Covid-19 Universitas Malikussaleh Kelompok 142 memberikan edukasi tentang pentingnya mencuci tangan pakai sabun (CTPS) serta memberikan edukasi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar demi memutuskan rantai penyebaran virus COVID-19 kepada anak-anak di Gampong Panggoi khususnya Dusun D, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Senin (2/11/2020).

Badan Kesehatan Dunia atau WHO serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC pun mengeluarkan himbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah penyebaran virus COVID-19 jenis baru ini.

Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dengan baik dan benar.

Seperti yang kita ketahui perilaku anak di masa depan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang ditanamkan sejak masa kecilnya, termasuk untuk menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan dengan baik dan benar.

Meskipun terlihat sederhana, manfaat cuci tangan sangat banyak, bahkan salah satu cara terhindar dari COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun.

Oleh karena itu, para mahasiswa KKN Covid-19 Universitas Malikussaleh dari kelompok 142 yang beranggotakan 7 orang yaitu diantaranya; Muhammad Daniel (Teknik Mesin), Uwis Qarni (Teknik Mesin), Muammar Khadafi (Teknik Mesin), Nurmulana Afdy (Teknik Industri), Filza Adila Miraza (Teknik Industri),  Dara Funna (Teknik Industri) dan Emilza Rizkiah (Adm Publik).

Mahasiswa KKN Unimal Sedang Memberikan Edukasi Tata Cara Mencuci Tangan Yang Sesuai Prokes Covid-19

Para mahasiswa yang didampingi langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Rozanna Dewi, ST., M.Sc berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan pemberian edukasi kepada anak-anak di Gampong Panggoi Dusun D tentang pentingnya untuk mencuci tangan menggunakan sabun serta mengajarkan langsung kepada anak-anak tersebut bagaimana cara mencuci yang baik dan benar.

“Karena yang diajarkan adalah anak-anak, maka kami harus memberikan edukasi dengan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh mereka dan mengajari mereka secara langsung satu persatu bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar agar mereka tidak hanya sekedar tahu tetapi dapat memahami dan mengingatnya dengan baik agar dapat senantiasa menerapkan kebiasaan baik ini dalam kehidpuan sehari-harinya mereka.

Nurmulana Afdy salah satu peserta KKN saat dimintai keterangannya mengatakan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan dengan tidak melupakan protokol kesehatan.

Menurut pantauan media kegiatan edukasi ini mendapat banyak respon positif, baik dari anak-anak yang ikut serta maupun para masyarakat Desa Panggoi Dusun D.

“Ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat, karena sangat penting untuk mengajarkan kebiasan baik kepada anak-anak terutama disaat pandemi seperti ini” ujar Fitri selaku Kader dari Dusun D Gampong Panggoi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) Sukses Laksanakan Program 1000 Kotak Air Mineral Untuk Jamaah Tarawih Di Aceh Utara

Published

on

By

Gampongaceh.com-Aceh Utara. Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H, Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) sukses melaksanakan program berbagi 1000 kotak air mineral yang disalurkan pada sejumlah Masjid dan Meunasah yang mengadakan ibadah shalat tarawih berjamaah di wilayah Kabupaten Aceh Utara. Senin (03/05/2021).

Program tersebut didasari atas keinginan yang besar dari seluruh kader Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) yang berkeinginan untuk saling berbagi dengan sesama di bulan suci Ramadhan.

Adapun terlaksananya program berbagi air mineral yang telah dimulai sejak awal Ramadhan ini berkat dukungan dan donasi dari berbagai pihak yang mempercayai bantuannya untuk dihimpun oleh Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) untuk kemudian disalurkan secara bertahap kepada masyarakat.

Ketua Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) Hayatullah Kumaini dalam siaran persnya menuturkan bahwa program berbagi air mineral untuk sujumlah Masjid dan Meunasah di Aceh Utara tersebut merupakan program perdana yang dilaksanakan dan akan diagendakan secara rutin pada bulan Ramadhan tahun-tahun mendatang.

“Saya selaku Ketua Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) mewakili seluruh anggota MAP mengucapkan ribuan terimakasih kepada para donatur yang telah berkontribusi membantu suksesnya program ini hingga dapat terlaksana, saya juga mengharapkan adanya saran dan masukan dari para donatur dan masyarakat agar program-program kedepannya dapat lebih maksimal lagi”. Ujar Kumaini.

Hayatullah Kumaini mengatakan, terlaksananya program ini tidak terlepas dari ikut andilnya Anggota Komisi V DPRA Muslim Syamsuddin ST MAP, PT Perta Arun Gas, Ketua DPW PAS Provinsi Aceh Kanda Syukri, dan Adinda Darzami Mustafa di Abu Dhabi

Ia menambahkan bahwa berkat sumbangan dari sejumlah donatur yang begitu antusias, program yang awalnya hanya ditargetkan 1000 kotak air mineral mampu melebihi target yang terkumpul yaitu 1210 kotak air mineral yang telah selesai disalurkan oleh Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) 110 titik Masjid/Meunasah yang tersebar di Kecamatan Banda Baro, Nisam, Nisam Antara, Dewantara, Muara Batu, Sawang, Kuta Makmur, Simpang Keuramat, Syamtalita Bayu, Samudera, Meurah Mulia, dan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara.

“Semua bantuan telah kita distribusikan ke sejumlah wilayah Kabupaten Aceh Utara meskipun belum mampu menjangkau ke semua daerah, namun kita berharap kedepannya program ini akan lebih maksimal agar dapat membantu masyarakat dalam ruang lingkup yang lebih luas. Tegas Kumaini.

Anggota DPRA Muslim Syamsuddin ST MAP saat dimintai keterangannya secara terpisah mengatakan bahwa sangat mengapresiasi program 1000 kotak air mineral untuk jamaah shalat tarawih di Kabupaten Aceh Utara, program seperti ini ia nilai sangat mendukung masyarakat dalam beribadah dengan nyaman dan tenang di bulan suci Ramadhan.

“Ini program bagus, dari program seperti ini kita dapat belajar dan memaknai kehidupan untuk saling berbagi satu lain dan saling peduli, lebih-lebih di bulan Ramadhan yang penuh berkah”. Ujar Muslim

Politisi Partai SIRA yang dikenal memiliki jiwa sosial tinggi di masyarakat ini juga menurturkan bahwa program dari Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) ini merupakan suatu langkah awal yang membuktikan bahwa MAP memiliki visi saling berbagi dan peduli antar sesama.

“Meski Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) baru lahir, namun semangat saling berbagi dan pedulinya luar biasa untuk masyarakat, saya berharap kedepannya MAP terus mampu melahirkan program-program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat agar kehadiran Yayasan Muslim Aceh Peduli (MAP) mampu dirasakan manfaatnya di lapangan”. Tegas Muslim.

Continue Reading

Berita

Direkomendasi Oleh Komite 1 DPD-RI, Ini Kata Jubir CDOB Kabupaten Aceh Malaka

Published

on

By

Gampongaceh.com-Aceh Utara. Panitia Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Aceh Malaka melalui Juru Bicaranya Tajuddin, S.Sos mengucapkan terima kasih kepada H. Fakhrurrazi,M.IP, atas perjuangan beliau merekomendasikan CDOB Aceh Malaka.

“Terima kasih untuk Senator H. Fakhrurrazi,M.IP, yang telah menyuarakan aspirasi masyarakat Kabupaten Aceh Utara di wilayah barat yang terdiri 6 kecamatan, meliputi Kecamatan Sawang, Kecamatan Muara Batu, Kecamatan Dewantara, Kecamatan Banda Baro, Kecamatan Nisam dan Kecamatan Nisam Antara” kata Tajuddin yang biasa di panggil Taju Banba.

Ketua Gerakan Pemuda Pemekaran Aceh Malaka, yang juga Anggota DPR Aceh, Muslem Syamsyuddin, MAP, juga menyampaikan terima kasih kepada Senator Fakhrurrazi, dan kami siap di validasi oleh Anggota DPD Komite I, ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, adalah Komite I DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; serta pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah.

Taju Banba berharap, semoga saja perjuangan pembentukan CDOB Aceh Malaka semakin mudah diwujudkan, dan dukungan seluruh elemen masyarakat sangat kami butuhkan.

Sekali lagi kami ucapkan, terima kasih dan sukses untuk Senator, Kanda Fakhrurrazi, M.IP, tutup Taju

Continue Reading

Berita

Peringati Haul Imam Syafi’i, Kecamatan Muara Dua Gemakan Deklarasi Bermazhab Syafi’i

Published

on

By

Gampongaceh.com-Lhokseumawe. Peringatan haul wafatnya Imam Syafi’i Ke 1238 H & Haul Tarbiyah Islamiah Mazhab Syafi’i ke 8 thn 1442 H/ 2021 M dan deklarasi kemukiman/gampong dalam wilayah Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe sebagai kemukiman/gampong tarbiyah islamiah yang  bermazhab syafi’i. Senin (08/03/2021)

Peringatan haul tersebut tahun ini di laksanakan di pendopo tarbiyah islamiah mazhab syafi’i Gampong Meunasah Mee Kandang Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Walikota Lhokseumawe, Dandim 0103 Aceh Utara, Kajari Lhokseumawe, Kadis Syariat Islam Lhokseumawe, Camat Muara Dua, Muspika Plus Muara Dua, Mukim, Imum Gampong dan Keuchik Se-Muara Dua, serta jamaah tarbiyah islamiah mazhab syafi’i

Peringatan haul tahun ini dilaksanakan secara sederhana ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda negera yg cintai ini.

Dan pada tahun ini para mukim dan para kechik mendeklarasikan diri sebagai kemukiman dan gampong tarbiyah islamiah mazhab syafi’i.

Dalam sambutannya Hari Maulana selaku Camat Muara Dua menyampaikan pada tahun 2015 Bapak Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya mendeklarasikan bahwa Kota Lhokseumawe sebagai kota tarbiyah islamiah yang bermazhab syafi’i dilanjutkan oleh Camat Muara Dua pada tahun 2018 mendeklarasikan Kecamatan Muara Dua sebagai kecamatan tarbiyah islamiah mazhab syafi’i dan alhamdulillah pada tahun 2021 ini para mukim kechik telah mendeklarasikan sebagai kemukiman dan gampong tarbiyah.

“Alhamdulillah di kecamatan muara dua kita sudah menyelesaikan seluruh tugas yg di amanatkan oleh agama dan bapak walikota lhokseumawe”. Ujar Heri

Dalam sambutannya Dandim 0103 Aceh Itara juga memberikan arahan pada tahun ini, beliau berpesan agar seluruh jamaah tetap tawakkal dan tetap menpedomani ilmu agama dan ilmu akhlak sesuai anjuran yang diamanahkan oleh ulama kita terdahulu, insyallah akan berguna bagi agama, bangsa dan negara. 

Sambutan Walikota Lhokseumawe dalam hal ini diwakili oleh Kadis Syariat Islam menyampaikan kepada seluruh jamaah melalui momentum haul ini untuk mengikuti ajaran dari ulama kita terdahulu khususnya dibidang ilmu, adap dan akhlak terlebih saat ini Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Camat Muara Dua sudah terjun langsung dalam meningkatkan pengajian rakyat ini di kalangan masyarakat, semoga apa yang dicita-citakan oleh ulama kita terdahulu bisa tercapai di masa sekarang khusus nya di kota lhokseumawe.

Dalam rangka haul wafat imam syafi’i ke 1238 H dan haul tarbiyah islamiah mazhab syafi’i ke 8 th 1442 H jamaah tarbiyah melaksanakan beberapa kegiatan di mulai pada hari jumat tgl 5 maret 2021 dilaksanakan pawai dan doa bersama ke beberapa makam ulama tarbiyah islamiah mazhab syafi’i di Samudera Pasai seperti Sultan Malikussaleh, Abu Cot Plieng, Abu Cot Cibrek serta makam Tgk Syik Awe Geutah 

dilanjutkan dengan membacakan yasin fadillah, zikir serta doa bersama dalam rangka haul wafatnya Imam Syafi’i dan Haul Tarbiyah tersebut. 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 gampongaceh.com