Connect with us

Berita

Mendes RI Ajak Universitas Negeri Malang Rancang Pembangunan Desa

Published

on

MALANG – Membangun desa di Indonesia, bisa dimulai dari kampus. Begitu yang disampaikan Menteri Desa Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi RI Drs Abdul Halim Iskandar MPd, saat menjadi pemateri webinar “Membangun Desa, Membangun Bangsa”, yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM), Senin (29/6).

Rektor UM Prof Dr AH Rofi’uddin MPd dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur Ir Mohammad Yasin, juga menjadi pemateri. Webinar dipandu oleh Sekretaris LP2M UM Dr Ahmad Munjin Nasih Mag. 745 peserta dari berbagai pimpinan perguruan tinggi, dosen, praktisi, kepala desa, hingga mahasiswa, antusias mengikuti webinar tersebut.

Pembangunan desa kata Halim, memerlukan perencanaan partisipatif dari berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi. Salah satunya, UM. Menurutnya, poin penting yang menjadi indikator pembangunan desa, yaitu terkait pemberdayaan masyarakat dan ketahanan ekonomi desa. Dua poin tersebut menurutnya, harus menjadi fokus perhatian dalam melakukan proses perencanaan dan pembangunan di desa.

“Terkait hal ini, terutama dalam hal perencanaan, diperlukan adanya dukungan dari perguruan tinggi. Baik dari mahasiswa dengan program KKN, atau dosen dan pakar-pakar terkait dengan upaya berkelanjutan,” jelasnya.

UM sejauh ini memang sudah menjalankan pendampingan desa binaan, sebagaimana Tri Dharma Perguruan Tinggi. LP2M UM juga memiliki 10 pusat kajian pengabdian untuk mewujudkan program-program Mendes PDTT. Bahkan baru-baru ini, di masa pandemi COVID-19, 4.430 mahasiswa KKN UM melaksanakan program pemanfaatan 340 desa, tempat asal masing-masing mahasiswa.

“Kesepuluh pusat kajian tersebut merupakan potensi yang dimiliki UM untuk terus diberdayakan, membangun desa. Jadi, ini konsep dari UM untuk desa,” kata Prof Rofi’uddin.

Model implementasi yang diterapkan UM kata dia, ada UM Mengabdi, Prodi untuk Desa, Doktor Mengabdi, Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan lainnya. Dia berharap UM dapat mengabdi dan membantu membangun desa-desa binaan kampus the learning university tersebut.

“Kami dosen dan mahasiswa, siap untuk mendampingi proses pembangunan desa. Dengan model implementasi ini, diharapkan dapat menjadi desa yang tangguh, hijau, desa dengan kualitas pendidikan yang baik, memiliki sektor wisata dan budaya yang kuat, ekonomi kreatif, dan teknologinya berkembang,” imbuh Prof Rofi’uddin.

Sumber: Kumparan.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Direkomendasi Oleh Komite 1 DPD-RI, Ini Kata Jubir CDOB Kabupaten Aceh Malaka

Published

on

By

Gampongaceh.com-Aceh Utara. Panitia Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Aceh Malaka melalui Juru Bicaranya Tajuddin, S.Sos mengucapkan terima kasih kepada H. Fakhrurrazi,M.IP, atas perjuangan beliau merekomendasikan CDOB Aceh Malaka.

“Terima kasih untuk Senator H. Fakhrurrazi,M.IP, yang telah menyuarakan aspirasi masyarakat Kabupaten Aceh Utara di wilayah barat yang terdiri 6 kecamatan, meliputi Kecamatan Sawang, Kecamatan Muara Batu, Kecamatan Dewantara, Kecamatan Banda Baro, Kecamatan Nisam dan Kecamatan Nisam Antara” kata Tajuddin yang biasa di panggil Taju Banba.

Ketua Gerakan Pemuda Pemekaran Aceh Malaka, yang juga Anggota DPR Aceh, Muslem Syamsyuddin, MAP, juga menyampaikan terima kasih kepada Senator Fakhrurrazi, dan kami siap di validasi oleh Anggota DPD Komite I, ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, adalah Komite I DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; serta pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah.

Taju Banba berharap, semoga saja perjuangan pembentukan CDOB Aceh Malaka semakin mudah diwujudkan, dan dukungan seluruh elemen masyarakat sangat kami butuhkan.

Sekali lagi kami ucapkan, terima kasih dan sukses untuk Senator, Kanda Fakhrurrazi, M.IP, tutup Taju

Continue Reading

Berita

Peringati Haul Imam Syafi’i, Kecamatan Muara Dua Gemakan Deklarasi Bermazhab Syafi’i

Published

on

By

Gampongaceh.com-Lhokseumawe. Peringatan haul wafatnya Imam Syafi’i Ke 1238 H & Haul Tarbiyah Islamiah Mazhab Syafi’i ke 8 thn 1442 H/ 2021 M dan deklarasi kemukiman/gampong dalam wilayah Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe sebagai kemukiman/gampong tarbiyah islamiah yang  bermazhab syafi’i. Senin (08/03/2021)

Peringatan haul tersebut tahun ini di laksanakan di pendopo tarbiyah islamiah mazhab syafi’i Gampong Meunasah Mee Kandang Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Walikota Lhokseumawe, Dandim 0103 Aceh Utara, Kajari Lhokseumawe, Kadis Syariat Islam Lhokseumawe, Camat Muara Dua, Muspika Plus Muara Dua, Mukim, Imum Gampong dan Keuchik Se-Muara Dua, serta jamaah tarbiyah islamiah mazhab syafi’i

Peringatan haul tahun ini dilaksanakan secara sederhana ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda negera yg cintai ini.

Dan pada tahun ini para mukim dan para kechik mendeklarasikan diri sebagai kemukiman dan gampong tarbiyah islamiah mazhab syafi’i.

Dalam sambutannya Hari Maulana selaku Camat Muara Dua menyampaikan pada tahun 2015 Bapak Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya mendeklarasikan bahwa Kota Lhokseumawe sebagai kota tarbiyah islamiah yang bermazhab syafi’i dilanjutkan oleh Camat Muara Dua pada tahun 2018 mendeklarasikan Kecamatan Muara Dua sebagai kecamatan tarbiyah islamiah mazhab syafi’i dan alhamdulillah pada tahun 2021 ini para mukim kechik telah mendeklarasikan sebagai kemukiman dan gampong tarbiyah.

“Alhamdulillah di kecamatan muara dua kita sudah menyelesaikan seluruh tugas yg di amanatkan oleh agama dan bapak walikota lhokseumawe”. Ujar Heri

Dalam sambutannya Dandim 0103 Aceh Itara juga memberikan arahan pada tahun ini, beliau berpesan agar seluruh jamaah tetap tawakkal dan tetap menpedomani ilmu agama dan ilmu akhlak sesuai anjuran yang diamanahkan oleh ulama kita terdahulu, insyallah akan berguna bagi agama, bangsa dan negara. 

Sambutan Walikota Lhokseumawe dalam hal ini diwakili oleh Kadis Syariat Islam menyampaikan kepada seluruh jamaah melalui momentum haul ini untuk mengikuti ajaran dari ulama kita terdahulu khususnya dibidang ilmu, adap dan akhlak terlebih saat ini Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Camat Muara Dua sudah terjun langsung dalam meningkatkan pengajian rakyat ini di kalangan masyarakat, semoga apa yang dicita-citakan oleh ulama kita terdahulu bisa tercapai di masa sekarang khusus nya di kota lhokseumawe.

Dalam rangka haul wafat imam syafi’i ke 1238 H dan haul tarbiyah islamiah mazhab syafi’i ke 8 th 1442 H jamaah tarbiyah melaksanakan beberapa kegiatan di mulai pada hari jumat tgl 5 maret 2021 dilaksanakan pawai dan doa bersama ke beberapa makam ulama tarbiyah islamiah mazhab syafi’i di Samudera Pasai seperti Sultan Malikussaleh, Abu Cot Plieng, Abu Cot Cibrek serta makam Tgk Syik Awe Geutah 

dilanjutkan dengan membacakan yasin fadillah, zikir serta doa bersama dalam rangka haul wafatnya Imam Syafi’i dan Haul Tarbiyah tersebut. 

Continue Reading

Berita

Cegah Penyebaran Covid-19 Di Tempat Keramaian, Brimob Bersama TNI Dan Satpol-PP Gelar Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Published

on

By

Gampongaceh.com-Aceh Jaya. Personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh bersama TNI Kodim 0114/Aceh Jaya, Polres Aceh Jaya dan Satpol-PP Aceh Jaya melaksanakan Operasi Yustisi penegakan disiplin Protokol kesehatan dengan sasaran di Simpang 4 (empat) Cleopatra Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya.

Komandan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Aceh Kompol Dodik Yuliyanto SIK., melalui Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Iptu Hamdani S.E., mengatakan, Kegiatan ini merupakan wujud nyata Bhakti Brimob untuk Masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan demi keselamatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, saat ini kita melakukan upaya pencegahan melalui kegiatan Operasi Yustisi yang dilaksanakan oleh Satpol PP Aceh Jaya di dampingi oleh Brimob, Kodim 0114/Aceh Jaya dan Polres Aceh Jaya dalam mematuhi protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker apabila beraktifitas di luar rumah di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan kegiatan Operasi Yustisi ini kita berharap masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19, dalam kesempatan ini kita juga mengajak masyarakat untuk kita dukung kebijakan-kebijakan Pemerintah dalam upaya pencegahan dan menekan angka penyebaran Covid-19 “Tutup Iptu Hamdani, S.E.

Masih ditemukan beberapa pelanggar protokol kesehatan yang diberikan sanksi teguran berupa membaca surat-surat pendek Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca teks Pancasila. Semoga kedepannya masyarakat Aceh Jaya sadar akan pentingnya penegakan protokol kesehatan.

Kami berharap masyarakat mematuhi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyebaran Covid-19.” demikian tutup Iptu Hamdani, S.E

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 gampongaceh.com