Connect with us

Smart Gampong

Senator Fachrul Razi RDP Dengan Kemendes PDTT Perkenalkan Program Smart Gampong Aceh

Published

on

Gampongaceh.com-Lhoksukon. Senin (9/11) Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Desa PDTT.

Dalam rapat melalui daring, Senator ikut memperkenalkan Program Smart Gampong Aceh didamping perangkat desa percontohan Matangkuli, Lhoksukon, Aceh Utara.

Program Smart Gampong adalah sebuah Aplikasi cerdas yang memudahkan perangkat desa diera serba digital.

” Aplikasi Smart Gampong atau Smart Desa adalah potensi-potensi desa yang bisa kita petakan serta Smart Living yang biasa kita sebut dengan kehidupan sosial budaya masyarakat yang ada desa masing – masing “.

Ditambahkan Senator, Aplikasi ini di provinsi Aceh itu, bagaimana sistim aplikasi antara pemerintah desa kemudian dikembangkan dengan digitalisasi bumdes kemudian dengan sistim market place.

” saya coba mengembangkan Ini kita buat pilot project ditiga kabupaten kemudian beberapa desa sudah menerapkan sistim smart desa ini langsung binaan kita dengan menggunakan satu data ” ujarnya Senator Fachrul razi.

” Jadi Semua masyarakat menggunakan aplikasi ini di play store dan dia bisa langsung melihat bagaimana data desanya masing-masing bersamaan dengan profil gampong nya dia bisa tau jumlah penduduk dan sebagainya administrasi gampong bahkan perkembangan Covid didesa, dikabupaten, sampai tingkat nasional maupun dunia “

Senator juga mengatakan bahwa Aplikasi Smart Gampong dapat dijadikan rujukan sebagai memonitoring dana desa dan transparansi gampong

” terkait dengan surat menyurat juga dapat diunduh di aplikasi smart gampong terpusat dalam satu data, aplikasi seperti ini bisa dibuka di hp masyarakat dimanapun berada ” tutupnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smart Gampong

Program SMART GAMPONG Menjadi Prioritas Pembangunan Gampong Digital Aceh 2021.

Published

on

By

Gampongaceh.com-Lhoksukon. Kunjungan kerja ini sekaligus silaturahmi Bapak Azhari,SE,M,Si Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh Ke Gampong Blang Matangkuli Kabupaten Aceh Utara untuk melihat dan mendengar langsung perkembangan penerapan Program Smart Gampong yang sudah dijalankan sejak awal tahun 2020 oleh Aparatur Pemerintah Gampong Blang Matangkuli, dalam pemaparan presentasi yang di sampaikan oleh aparatur Gampong tentang fungsi dan sistem kerja dari aplikasi Smart Gampong, Bapak Azhari berkesempatan juga menyampaikan beberapa pandangan terhadap apa yang langsung beliau saksikan bahwa smart Gampong ini sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait data-data kependudukan, surat menyurat dan pembangunan dimana bisa diakses oleh warga secara online dan offline.Bahkan data BLT,BST dan penerima bantuan pemerintah lainnya dipastikan tidak tumpang tindih.
Hal seperti inilah yang bisa dikatakan bahwa Gampong Blang ini sudah termasuk Gampong smart.
“Kalau hanya memindahkan data dari manual ke digital,belum bisa dikatakan smart”
Selanjutnya beliau punya harapan besar agar program Smart Gampong ini dapat di tranfer dan di adopsi ke  Gampong Gampong lainnya dalam provinsi Aceh untuk menjadi prioritas pembangunan Digitalisasi Desa Tahun 2021 “ujarnya”.

Dalam rombongan Kunker DPMG Provinsi Aceh ini juga turut serta  Kabid Pengembangan Gampong & Mukim , Tenaga Ahli IT P3MD Aceh ,  DPMG kabupaten Aceh Utara, Tenaga Ahli P3MD Aceh Utara dan Pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa.

Pada kesempatan ini Bapak Ismunazar,SE,MM Sekretaris Desa Blang Matangkuli yang juga kreator program Smart Gampong dalam sambutannya menyebutkan kedatangan dan kehadiran Pejabat Tinggi Provinsi Aceh di Gampong ini menjadi catatan sejarah yang tidak terlupakan,sekaligus memotivasi semangat untuk lebih berkreasi demi Gampong yang lebih baik. Selanjutnya mengharapkan dukungan dan Bimbingan dari pemerintah Aceh terhadap pengembangan Smart Gampong sebagai sarana untuk mewujudkan Gampong sebagai Soko guru pembangunan dan pelayanan kepada Rakyat, yang terbuka ,akuntable dan tidak bertele – tele sebagai mana harapan bapak Jokowi Presiden RI.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2020 gampongaceh.com